Mengatur Format Teks #1 di Microsoft Office Word

5:57:00 PM
Info Penggunaan Fungsi Dasar MS Word Pada Tabs Home seperti memberikan efek tebal pada tulisan, memberikan efek warna pada tulisan, dll


Diawal tahun 2016 sya sempatkan menulis artikel ini ya moga aja dapat membantu teman-teman yang jauh disana, dari Sabang sampai maraoke, walapun sebenarnya telat positingnya tapi tak apalah daripada tidak sama sekali, berbagi ilmu aja bagi yang belum tau atau mengingatkan seseorang ya mungkin pikirannya sudah rada-rada lupa...

Baiklah pada artikel kali ini saya akan menguraikan tentang bagaimana mengatur format teks seperti seperti font size, font color, bold, italic, underline, dll. 

Bentuk dari tulisan artikel ini sangat sederhana akan tetapi semoga dapat membantu, Microsoft Office yang saya gunakan dalam artikel ini yaitu MS. Office 2007 tapi sebenarnya fungsi dasar yang ada pada versi setelahnya seperti MS Office 2010, MS Office 2013 tetap sama ko dengan penggunaan fungsinya.

Pada gambar dibawah ini saya akan menguraikan Fungsi masing-masing Icon yang di group font

Penjelasan pada masing-masing fungsi diatas yaitu :

  1. Font berfungsi untuk mengubah jenis tulisan, untuk melakukan fungsi ini blok teks terlebih dahulu kemudian pilih font.
  2. Font size berfungsi untuk mengubah ukuran huruf, blok teks terlebih dahulu dan pilih font size selanjutnya tentukan ukuran huruf yang anda inginkan.
  3. Bold berfungsi memberikan efek tebal atau memberikan karakter tebal pada huruf/teks, blok teks terlebih dahulu dan pilih bold atau bisa dengan menggunakan tombol Ctrl + B yang ada di keyboard.
  4. Italic berfungsi memberikan efek miring pada tulisan atau karakter miring pada huruf/tulisan, blok tulisan terlebih dahulu dan pilih italic atau menggunakan tombol Ctrl + I yang ada di keyboard.
  5. Underline berfungsi untuk memberikan efek garis bawah pada tulisan, blok teks lebih dahulu pilih underline atau tekan tombol Ctrl + U di Keyboard.
  6. Stightrought berfungsi memberikan efek coret dengan garis tunggal pada tulisan
  7. Subscript berfungsi untuk memberikan lebih kecil da lebih ke bawah contohnya O2, dengan keyboard tombol Ctrl + (+)
  8. Superscript berfungsi memberikan teks ditampilkan lebih kecil dan lebih keatas Odengan keyboard tombol Ctrl + (=)
  9. Change Case berfungsi mengubah Case huruf (tulisan besar menjadi kecil ataupun sebaliknya) Seperti word, WORD, Word degan keyboard tombol Shift + F3
  10. Highlight color untuk mengubah warna latar pada tulisan atau menambilkan warna latar
  11. Font Color berfungsi untuk mengubah warna pada tulisan, blok teks/tulisan terlebih dahulu selanjutny pilih warna sesuai dengn keinginan Anda.
  12. Clear Formatting berfungsi untuk menghilangkan segala bentuk perubahan pada tulisan atau teks.
  13. Grow font berfungsi untuk menigkatkan ukuran huruf atau tulisan, bisa menggunakan keyboard dengan tombol Ctrl + [
  14. Shink font berfungsi utuk menurunkan ukuran huruf, bisa menggunakan keyboard denga tombol Ctrl + ]
Itulah beberapa fungsi yang ada pada Microsoft Office Word.
Moga berguna. kritik dan saran tulis di kolom komentar aja
Tq

Artikel Terkait

Previous
Next Post »