Makalah LANDASAN FILOSOSIS PENDIDIKAN ISLAM

4:15:00 PM

Makalah LANDASAN FILOSOSIS PENDIDIKAN ISLAM



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
Filsafat Pendidikan Islam pada umumnya menggabungkan dan mensingkronisasikan antara filsafat, pendidikan dan agama. Pemanduan antara agama dan filsafat termasuk salah satu obyek kajian yang menjadi tuntutan lingkungan islam terutama menurut para filsuf.[1] Penerapan filsafat di dalam pendidikan islam sangat perlu adanya sebuah landasan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang berfilsafat sebab tentunya tanpa adanya landasan yang kokoh maka seseorang dapat menjadi buta disebabkan karna berfilsafat. Dalam kajian kajian filsafat sangat banyak tentunya menjadi permasalahan yang besar terkait tentang perwacanaan filsafat yang mengilustrasikan hal-hal yang sangat sulit untuk di terima oleh akal dan pikiran manusia.
Banyak orang yang berfilsafat dan beberapa di antaranya menjadi stress dan shok. Dikaitkan dengan pendidikan islam maka secara otomatis mencangkup pembahasan tentang permasalahan teologi atau ketuhanan. Dalam surah al-ikhlas dijelaskan konsep tauhid berdasarkan ayat al-quran akan melahirkan sifat tauhid, pola perilaku kompetensi, dan hasil karya dan cipta pada setiap nilai hidup tertentu.lebih lanjut akan dibahas tentang landasan filososis pendidikan agama islam yang kami coba rangkum dalam sebuah bentuk makalah.



B.     Rumusan masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalahnya yaitu:
1.      Apakah defenisi filsafat dan pendidikan islam?
2.      Apakah sumber dan landasan pendidikan islam?
C.    Tujuan penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini yakni sebagai berukut:
1.      Untuk mengetahui dan memahami defenisi filsafat dan pendidikan islam.
Memberikan polafikir pemahaman tentang sumber dan landasan pendidikan islam.


[1] Dr. Abdul Masqud Abdul Ghani Abdul Masqud, Agama dan Filsafat. (Cet.I, Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset. April,2000) h.1



Download makalah lengkap dibawah ini :


Artikel Terkait

Previous
Next Post »