Makalah KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM Lengkap

4:05:00 PM

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
Agama memberikan penjelasan bahwa manusia adalah mahluk yang memilki potensi untuk berahlak baik (takwa) atau buruk (fujur) potensi fujur akan senantiasa eksis dalam diri manusia karena terkait dengan aspek instink, naluriah, atau hawa nafsu, seperti naluri makan/minum, seks, berkuasa dan rasa aman. Apabila potentsi takwa seseorang lemah, karena tidak terkembangkan (melalui pendidikan), maka prilaku manusia dalam hidupnya tidak akan berbeda dengan hewan karena didominasi oleh potensi fujurnya yang bersifat instinktif atau implusif (seperti berjinah, membunuh, mencuri, minum-minuman keras, atau menggunakan narkoba dan main judi).
Pendidikan islam mempunyai sejarah yang panjang. Dalam pengertian seluas –luasnya, pendidikan islam berkembang seiring dengan kemunculan itu seendiri. Dal;am konteks masyarakat arab, dimana islam lahir dan pertama kali berkembang , kedatangan islam lengkap dengan usaha-usaha pendidikan.
Pada masa awal perkembangan islam , tentu saja pendidikan formal yang sistematis belum terselenggara. Pendidikan yang berlangsung dapat dikatakan umumnya bersifat informal, dan inipun lebih berkaitan dengan uaya-upaya dakwah islamiah dan penanaman dasar-dasar kepercayaan dan ibadah islam . dalam kaitan itulah bisa di pahami kenapa proses pendidikan islam pertama kali berlangsung di rumah sahabat tertentu, yang paling terkenal adalah dar;al-arqam.
Suatu landasan demi peningkatan pola pikir ummat muslim Indonesia menjadikan ummat muslim yang tahu akan kebenaran yang sesungguhnya bahwa keberadaan . realita yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat bahwa teryata pendidikan islam masih perlu ditingkatkan agar terjadi sebuah evolusi dalam pembelajaran serta dapat tertanamnya nilai-nilai keislaman pada setiap muslim. Setiap peserta didik semestinya diharapkan mampu dalam mengaktualisasikan daripada tangkapan hasil pelejaran yang telah diterima, namun didalamnya seringkali terjadi ketimpangan yang justru tidak menimbulkan adanya motivasi dari peserta didik untuk mengaktualisasikan ajaran islam. Permasalahan kini bertumpu pada seorang pendidik yang harus kompetensi didalam menteransper  ilmunya kepada peserta didik dan mampu memberikan “full motivation” kepada peserta didiknya.
Untuk memahami inti tentang dasar penidikan islam yakni terlebih dahulu perlu diketahui secara bersama-sama bagaimanakah karakteristik pendidikan islam itu.
B.     Rumusan masalah
1.      Apakah defenisi dari pendidikan islam ?
2.      Apasajakah yang mencangkup tentang karakteristik pendidikan islam?

C.     Tujuan penulisan
Tujuan penulisan dalam makalah ini yakni :
1.      Memahami defenisi pendidkan islam
Mengetahui beberapa hal yang mencangkup tentang poendidikan islam

Download Makalah lengkap dibawah ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »