Tugas, Peningaktan Usaha Minat Pelelangan

10:28:00 PM
TOKO BUAH HATI
PENINGKATAN USAHA TERHADAP MINAT PELANGGAN

INTERVIEW :
1.         Apa uasaha  dalam meningkatkan minat pelanggang ?
2.         Apa-apa  saja dalam usaha  menarik minat pelanggang ?
3.         Bagaimana usaha dalam mempertahankan pelanggang ?
4.         Bagaimana mengembangkan usaha yang dijalankan ?
5.         Bagaiman cara mempertahan pelanggang ?
RESPON NARASUMBER :
1.         -  Memperbanyak produk yang ditawarkan
 - Tempat yang strategis
 - Ruangan yang  nyaman
2.   - Harga yang ditawarkan yang lain
      - Membarikan tambahan produk terhadap barang yang dijual
3.   - Mengutamakan pelayanan terhadap pelanggang
      - Membudayakan 3S ( Senyum, Sapa, Salam )
4.   - Jenis barang yang ditawarkan disbanding tempat yang lain
      - Jualan campuran lebih banyak yang minati

5.   - Tetap mempertahankan produk yang ditawarkan
      - Memunculkan inovasi baru
      - Ketersedian barang yang memadai
Dalam berbisnis, masalah penjualan sering menjadi fokus utama para pelaku usaha. Tanpa adanya strategi penjualan yang baik, maka bisa dipastikan omset yang diterima pelaku usaha pun juga ikut berkurang. Tidaklah heran bila banyak pelaku usaha yang sengaja melakukan berbagai strategi penjualan untuk meningkatkan pendapatan utama mereka setiap bulannya.
Sampai saat ini, masih banyak pelaku usaha yang sering mengalami kesulitan dalam menarik minat pelanggan. Sehingga sebagian besar bisnis mereka memiliki transaksi penjualan yang cenderung belum stabil, bahkan bisa dikatakan lebih sering minus (rugi) karena biaya operasionalnya lebih tinggi dari omset yang didapatkan.
Lalu, bagaimanakah caranya agar kita dapat menarik pelanggan? Pada dasarnya ada berbagai strategi pemasaran yang dapat kita coba, mari kita simak  tips pemasaran berikut ini :
•           Informasikan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh konsumen dari produk Anda. Informasi tersebut menjadi salah satu senjata bagi Anda untuk mendorong ketertarikan konsumen dengan penawaran yang disampaikan. Berikan bukti nyata kepada konsumen mengapa mereka perlu membeli produk Anda.
•           Publikasikan program-program promosi yang Anda lakukan.
Penawaran promosi seperti diskon potongan harga, buy 1 get 1 free (beli 1 gratis 1), atau pemberian hadiah khusus bagi para konsumen setia, merupakan ajang bagi para pelaku usaha untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Karena itu jangan pernah lupa menginformasikan kegiatan promosi yang Anda laksanakan, kepada khalayak ramai.
•           Bagikan contoh produk gratis kepada konsumen. Dari sampel gratis yang diberikan, secara tidak langsung akan mendorong para konsumen untuk ingin mengetahui dan mengenal lebih jauh lagi tentang produk yang Anda tawarkan. Dan tidak menutup kemungkinan bila banyak konsumen yang akhirnya.
KOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN :
Komunikasi yang digunakan dalam usaha ini yaitu Komunikasi verbal ( verbal communication ),Di karenakan pelanggang dengan pemilik /karyawan usaha tersebut keduanya saling interaksi langsung. Dimana kita ketahui komunikasi verbal itu seniri adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.
Adapun contohnya disini yaitu : . komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media, contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »