Makalah, Makalah Perkembangan Silabus Di Sekolah

10:11:00 PM
Makalah Perkembangan Silabus Di Sekolah


BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang
Pendidikan merupakan sebuah yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan umat manusia. Karenanya manusia harus senantiasa mencari dan menuntut ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor penting yang mengharuskan manusia untuk selalu mengembangkan keilmuannya agar dapat beradaptasi di dunia modern yang kaya akan kemajuan ilmu dan teknologi.Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia globalisasi maka perlu juga peningkatan pendidikan islam (agama) agar kita selaku umat islam senantiasa berada pada jalan yang diridhoi Allah SWT. serta tidak terpengaruh oleh budaya dan gaya hidup orang-orang barat yang secara terang-terangan sudah mewabah kepada penduduk islam dunia khususnya di Indonesia.
Sekolah merupakan sarana dan tempat menuntut ilmu bagi para peserta didik, juga tempat memperkaya dan memperluas keilmuan peserta didik. Pendidikan di Indonesia dikatakan maju, hal ini bisa dilihat perkembangan sekolah yang semakin lama semakin kreatif dalam menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi manusia yang berguna kelak. Oleh sebab itu kita sebagai calon guru harus mampu menggunakan segala kemampuan kita, sehingga peserta didik bisa menyerap ilmu kita dengan baik.
B.                 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumusan rumusan masalah sebagai berikut :
1.    Apa itu silabus dan bagaimana perkembangannya di SMA dan MA?
2.    Bagaimana model silabus yang berkembang di SMA dan MA?
3.    Bagaimana mengevaluasi materi PAI di SMA dan MA?

C.                Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka dirumuskan tujuan penulisan, sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui apa itu silabus dan bagaimana perkembangan silabus  di SMA dan MA.
2.    Untuk dapat mengetahui silabus yang berkembang di SMA dan MA .
3.    Untuk dapat mengevaluasi materi-materi PAI yang ada di SMA dan MA.




BAB II
PEMBAHASAN
A.                Pengertian dan Perkembangan silabus di SMA dan MA.
            keimanan dan ketaqwaannya tersebut, sesuai dengan perkembangan psikologis peserta didik. Kemampuan-kemampuan tersebut tercantum dalam kompoSilabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencangkup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam silabus SMA dan MA berisi sekumpulan kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik selama menempuh pendidikan di SMA.
Istilah silabus dapat didevinisikan sebagai “garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kemampuan dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa :
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Pengertian silabus menurut wikipedia adalah: "silabus adalah suatu outline dan ringkasan dari topik-topik yang dicakup dalam suatu pendidikan atau kursus." Silabus bersifat deskriptif dan menentukan, atau kurikulum yang spesifik. Silabus biasanya dibuat oleh suatu lembaga pengujian, atau disiapkan oleh profesor yang mensupervisi atau mengontrol kualitas suatu kursus/pendidikan, dan disiapkan dalam bentuk paper (tercetak) atau online. Silabus dan kurikulum seringkali saling dileburkan dan seringkali diberikan kepada siswa pada sesi pertama kelas sehingga tujuan kursus/pendidikan/pembelajaran menjadi jelas bagi siswa. Silabus acapkali mengandung informasi khusus tentang kursus/pendidikan/pembelajaran sepertin informasi mengenai dimana, kapan, dan bagaimana menghubungi pengajar (guru/dosen) dan asisten pengajar, outline tentang materi apa yang akan dicakup/diajarkan, jadwal dan tanggal-tanggal pelaksanaan tes hingga tanggal-tanggal penugasan, sistem grading (perangkingan)/penilaian, tata tertib kelas, dsb. Berkaitan dengan ujian, silabus menyediakan batasan apa yang seharusnya guru ajarkan dan ujian hanya boleh mengetes apa yang diamanatkan oleh silabus.
Silabus berkembang seiring berkembangnya zaman, setiap sekolah menggunakan silabus berdasarkan aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.
B.                 Model silabus yang berkembang di SMA dan MA.
Model silabus yang berkembang di SMA dan MA tidak jauh berbedah, akan tetapi silabus yang dipergunakan di MA lebih mengkhusus keagamaan, dimana mata pelajaran agama di cabangkan seperti fikih, aqidah ahlak, al-qur’an hadis dan lain-lain, mengenai waktu pembelajarannya silabus yang terdapat di MA menggunakan waktu yang lebih banyak untuk memahami keagamaan, adapun silabus yang terdapat di SMA mengenai mata pelajaran keagamaanya hanya mengulas keagamaan secara umum, tidak terkhusus atau terperinci.
Silabus di SMAN 1 Watampone sekarang telah  menggunakan K-13. Sedangkan di MA Mattirowalie menggunakan K-13 dalam materi PAInya, tetapi belum dibukukan k-13 di kelas XI dan XII, dan ada salah satu pelajaran tidak dipelajari di kelas XI dan XII yaitu di kelas XI tidak mempelajari SKI dan di kelas XII tidak mempeljari aqidah akhlak.
C.                Mengevaluasi materi-materi PAI di SMA dan MA.
Sebelum kita mengevaluasi materi-materi PAI yang ada di SMA dan MA terlebih dahulu baiknya kita mengetahui perbedaan antara KTSP dan K-13. Perbedaan tersebut sebagai berikut:
No
KTSP
Kurikulum 2013
1
Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu
Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi (Sikap, Keteampilan, Pengetahuan dll.)
2
Mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri
Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain dan memiliki kompetensi  dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap kelas
3
Bahasa Indonesia sejajar dengan mapel lain
Bahasa Indonesia sebagai penghela mapel lain (sikap dan keterampilan berbahasa)
4
Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda
Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama (saintifik) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar.
5
Tiap jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah
Bermacam jenis konten pembelajaran diajarkan terkait dan terpadu satu sama lainKonten ilmu pengetahuan diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran lainnya
6
Tematik untuk kelas I-III (belum integratif)
Tematik integratif untuk kelas I-III
7
TIK mata pelajaran sendiri
TIK merupakan sarana pembelajaran, dipergunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran lain
8
Bahasa Indonesia sebagai pengetahuan
Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan carrier of knowledge
9
Untuk SMA ada penjurusan sejak kelas XI
Tidak ada penjurusan SMA. Ada mata pelajaran wajib, peminatan, antar minat, dan pendalaman minat
10
SMA dan SMK tanpa kesamaan kompetensi
SMA dan SMK memiliki mata pelajaran wajib yang sama terkait dasar-dasar pengetahuan, keterampilan dan sikap.
11
Penjurusan di SMK sangat detil
Penjurusan di SMK tidak terlalu detil sampai bidang studi, didalamnya terdapat pengelompokkan peminatan dan pendalaman

v  MENGEVALUASI MATERI-MATERI PAI DI SMA DAN MA.
Materi PAI di MA Mattirowalie
Materi-materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan dalam silabus MA Mattirowalie antara lain:
1.                       Sejarah kebudayaan islam
2.                       Fiqih
3.                       Akidah Akhlak
4.                       Al-Qur’an dan Hadis

Materi PAI di SMAN I Watampone.
Materi-materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan dalam silabus SMAN I Watampone antara lain:
               Pendidikan agama islam yang mencakup tentang banyak materi-materi agama misalnya Sikap toleran, rukun dan menghihindar diri dari tindak kekerasan, makna iman kepada rasu-rasul Allah, bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan dll.



BAB III
PENUTUP
A.                Kesimpulan
Pengertian silabus menurut wikipedia adalah: "silabus adalah suatu outline dan ringkasan dari topik-topik yang dicakup dalam suatu pendidikan atau kursus." Silabus bersifat deskriptif dan menentukan, atau kurikulum yang spesifik. Silabus biasanya dibuat oleh suatu lembaga pengujian, atau disiapkan oleh profesor yang mensupervisi atau mengontrol kualitas suatu kursus/pendidikan, dan disiapkan dalam bentuk paper (tercetak) atau online.
Model silabus yang berkembang di SMA dan MA tidak jauh berbedah, akan tetapi silabus yang dipergunakan di MA lebih mengkhusus keagamaan, dimana mata pelajaran agama di cabangkan seperti fikih, aqidah ahlak, al-qur’an hadis dan lain-lain, mengenai waktu pembelajarannya silabus yang terdapat di MA menggunakan waktu yang lebih banyak untuk memahami keagamaan, adapun silabus yang terdapat di SMA mengenai mata pelajaran keagamaanya hanya mengulas keagamaan secara umum, tidak terkhusus atau terperinci.
Materi-materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan dalam silabus MA Mattirowalie antara lain:
5.                       Sejarah kebudayaan islam
6.                       Fiqih
7.                       Akidah Akhlak
8.                       Al-Qur’an dan Hadis
Materi-materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan dalam silabus SMAN I Watampone antara lain:
Pendidikan agama islam yang mencakup tentang banyak materi-materi agama misalnya Sikap toleran, rukun dan menghihindar diri dari tindak kekerasan, makna iman kepada rasu-rasul Allah, bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan dll

B.                 Saran

Dalam mempelajari pengembangan silabus ini kita dibenahi sebagai calon guru yang proaktif dan kreatif dalam memgembangkan materi pembelajaran yang hendak diajarkan dalam dunia pendidikan, baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA maupun ke perguruan tinggi. Dan  Semoga makalah yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca secara umum dan secara khusus kepada kami sebagai penyusun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »