BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan nasional sedang mengalami
berbagai perubahan yang cukup mendasar, terutama berkaitan dengan Undang-Undang
Sistem Pendidikan Nasional (Undang-Undang SISDIKNAS), manajemen, dan kurikulum,
yang diikuti oleh perubahan-perubahan teknis lainnya. Perubahan-perubahan
tersebut diharapkan dapat memecahkan berbagai permasalahan pendidikan, baik
masalah-masalah konvensional maupun masalah-masalah yang muncul bersamaan
dengan hadirnya ide-ide baru (masalah inovatif). Di samping itu, melalui
perubahan tersebut diharapkan terciptanya iklim yang kondusif bagi peningkatan
kualitas pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia (PSDM), untuk
mempersiapkan bangsa Indonesia memasuki era kesejagatan dalam
kesemrawutan global.
Perubahan-perubahan di atas, menurut
berbagai tugas yang harus dikerjakan oleh para tenaga kependidikan sesuai
dengan peran dan fungsinya masing-masing, mulai dari level makro sampai pada
level mikro, yakni tenaga kependidikan di sekolah. Di sekolah terdapat dua boss
yang paling berperan dan sangat menentukan kualitas pendidikan; yakni kepala
sekolah dan guru. Dalam perspektif globalisasi, otonomi daerah, dan
desentralisasi pendidikan serta untuk menyukseskan manajemen berbasis sekolah
dan kurikulum berbasis kompetensi, kepala sekolah merupakan figur sentral yang
harus menjadi teladan bagi para tenaga kependidikan lain di sekolah. Oleh
karena itu, untuk menunjang keberhasilan dalam perubahan-perubahan yang
dilakukan dan diharapkan, perlu dipersiapkan kepala sekolah profesional, yang
mau dan mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi terhadap
berbagai kebijakan dan perubahan yang dilakukan secara efektif dan efisien
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah makalah ini yaitu
bagaimanakah kepala sekolah melaksanakan tugas selaku manager?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui tugas kepala sekolah selaku
manager.Download makalah pada link dibawah :
EmoticonEmoticon