Makalah LANDASAN FILOSOSIS PENDIDIKAN ISLAM
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
Filsafat
Pendidikan Islam pada umumnya menggabungkan dan mensingkronisasikan antara
filsafat, pendidikan dan agama. Pemanduan antara agama dan filsafat termasuk
salah satu obyek kajian yang menjadi tuntutan lingkungan islam terutama menurut
para filsuf.[1]
Penerapan filsafat di dalam pendidikan islam sangat perlu adanya sebuah
landasan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang berfilsafat sebab tentunya
tanpa adanya landasan yang kokoh maka seseorang dapat menjadi buta disebabkan
karna berfilsafat. Dalam kajian kajian filsafat sangat banyak tentunya menjadi
permasalahan yang besar terkait tentang perwacanaan filsafat yang mengilustrasikan
hal-hal yang sangat sulit untuk di terima oleh akal dan pikiran manusia.
Banyak
orang yang berfilsafat dan beberapa di antaranya menjadi stress dan shok.
Dikaitkan dengan pendidikan islam maka secara otomatis mencangkup pembahasan
tentang permasalahan teologi atau ketuhanan. Dalam surah al-ikhlas dijelaskan
konsep tauhid berdasarkan ayat al-quran akan melahirkan sifat tauhid, pola
perilaku kompetensi, dan hasil karya dan cipta pada setiap nilai hidup
tertentu.lebih lanjut akan dibahas tentang landasan filososis pendidikan agama
islam yang kami coba rangkum dalam sebuah bentuk makalah.
B.
Rumusan
masalah
Adapun
yang menjadi rumusan masalahnya yaitu:
1. Apakah
defenisi filsafat dan pendidikan islam?
2. Apakah
sumber dan landasan pendidikan islam?
C.
Tujuan
penulisan
Adapun
tujuan penulisan makalah ini yakni sebagai berukut:
1. Untuk
mengetahui dan memahami defenisi filsafat dan pendidikan islam.
Memberikan polafikir
pemahaman tentang sumber dan landasan pendidikan islam.
[1] Dr. Abdul Masqud Abdul Ghani
Abdul Masqud, Agama dan Filsafat. (Cet.I, Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset.
April,2000) h.1
Download makalah lengkap dibawah ini :
EmoticonEmoticon